Ini hanya kata-kata, selebihnya terserah anda....

Senin, 23 Juni 2008

Diposting oleh anggiaribowo

Bagaimana anda membedakan diri anda sendiri dalam pikiran calon konsumen (orang lain) ?

Pertanyaan ini diajukan oleh Al Rise & Jack Trout dalam The Battle for your mind . Jawaban anda atas pertanyaan itu ?

Memandang diri kita sendiri untuk mengukur orang lain sama dengan mengukur ukuran badan sendiri untuk membuat pakaian untuk orang lain. Jadi kita dituntut (dalam profesi apapun) untuk dapat mengerti arah pikiran dan kemauan orang lain terhadap kita dan produk kita. Jangan sekali-kali kita berpikiran yang dilakukan kita pasti paling baik. Tujuan dari semua yang kita lakukan adalah menjamin suatu posisi yang lebih berharga dalam pikiran calon konsumen (orang lain) – Marketing Selebritis, Frans M. Royan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk itu.

Anda suka dengan biskuit cokelat dengan krim di tengahnya ? Kalau suka anda pasti ingat biskuit apa itu ? Oreo ? Kalau ya, mengapa anda menjawab Oreo? yang pasti bukan karena rasa dan bentuknya? Tapi karena Iklan Oreo dengan kalimatnya diputar, dijilat, trus dicelupi itu. Mau atau tidak kita terbawa dalam kondisi di mana kita ikut dalam ritual makan Oreo, sehingga kita menganggap kalau Oreo adalah sebuah produk yang paling baik. Padahal banyak sekali produk yang sama baiknya, bahkan lebih baik dari Oreo. Oreo sudah melakukan yang namanya membedakan diri sendiri dalam pikiran orang lain. Jenis biskuit Oreo di dunia ini banyak, tapi Oreo jadi pilihan karena sudah melakukan pembedaan dari produk sejenisnya sehingga jadi pilihan nomor satu.

Kalau dihubung-hubungkan, hal ini hampir mirip dengan yang terjadi dalam pentas politik kita. Di beberapa daerah, artis mencalonkan (sudah menjadi) kepala daerah. Ranah politik yang umumnya tabu di kalangan artis dahulu, kini beramai-ramai di masuki oleh artis-artis baik yang mempunyai kemampuan maupun yang hanya sekedar numpang terkenal. Fenomena ini adalah upaya seorang artis untuk dapat merubah dirinya menjadi pemimpin di dunia nyata. Bagi yang sudah menang dan mendapatkan jabatan, ditinjau lebih jauh, artis tersebut sudah bisa merubah pikiran calon konsumen dalam menentukan pilihannya.

Jadi Bagaimana anda membedakan diri anda sendiri dalam pikiran calon konsumen harus anda pikirkan, bila saat ini orang lain tidak dapat membedakan diri anda dengan orang lain. Tidak ada sesuatu yang istimewa dalam diri anda. Baik isi maupun kemasannya. Setiap manusia adalah sama, tinggal bagaimana kita mengemas dan menjual diri kita kepada orang lain, itu yang harus menjadi catatan. Dua kotak cokelat enak dari pabrik yang sama, cokelat pertama diberi merk menjual, dibungkus rapi dengan berbagai pernak pernik dan keterangan kandungan gizi serta kelebihannya. Sementara cokelat kedua dibungkus plastik transparan, tanpa merk, tanpa bungkus rapi dan higienis, tanpa keterangan apa-apa. Keduanya dipajang di etalase supermarket. Walaupun keduanya berasal dari pabrik yang sama, orang akan lebih memilih cokelat dengan berbagai macam daya kelebihan yang dimiliki dibanding cokelat lainnya, walaupun rasanya sama. Itulah yang dinamakan kita mampu merubah pikiran orang terhadap kita. Sekarang sampai sejauh mana kita mampu merubah pikiran orang lain terhadap kita?, dengan cara apa?, apa yang harus dijual?
TERSERAH ANDA, KARENA ANDA adalah DIRI ANDA SENDIRI ..........

0 komentar: